Taman Tebing Koja

Taman Tebing Koja atau dikenal pula dengan nama Kandang Godzilla, adalah obyek wisata alam yang cukup populer di kabupaten Tangerang dan sekitarnya. Tempat dinamakan Kandang Godzilla karena terdapatnya seonggok tebing yang menyerupai kepala monster Godzilla.

Tebing Koja Kandang Godzilla Tangerang
sumber: tangerangkab.go.id

Info Penting

  • Harga tiket masuk: Rp. 5.000 / orang
  • Buka: jam 06:00 – 18:00 setiap hari
  • Alamat: kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten.

Asal Mula Tebing Koja

Pada mulanya tempat ini merupakan bekas penambangan pasir yang meninggalkan kubangan atau telaga dan tebing-tebing berbentuk eksotis.  Menurut warga setempat sebelum Tebing Koja ramai dikunjungi wisatawan, tempat ini terlihat angker dan menakutkan.

Tebing Koja
sumber: asrinesia.com

Namun seiring berjalannya waktu, tempat yang semula nampak seram ini lambat laut berubah menjadi  obyek wisata alam yang indah, unik dan eksotis.

Lihat: Situ Cicinta

Tebing-tebing terjal yang semula gersang dan menyeramkan, kini terlihat cantik karena telah berhias  semak belukar dan rerumputan hijau. Begitu pula dengan lubang-lubang bekas galian pasir yang dulu nampak terbengkalai, sekarang terlihat indah dengan hijaunya air yang menyejukkan.

Lihat juga: Ranggawulung Curugbitung

Nama Taman Tebing Koja mulai populer sejak tahun 2016. Waktu itu ada seorang netizen yang mengunggah fotonya ke social media dan menjadi viral. Sejak itulah banyak wisatawan domestik yang berkunjung ke Taman Tebing Koja.

Pesona Keindahan

tebing koja
sumber: datawisata.com

Berada di tengah pedesaan yang asri, suasana Tebing Koja memang sungguh menawan. Hamparan sawah, reremputan, semak belukar dan pepohonan yang hijau, menambah keindahan Kandang Godzilla semakin memanjakan mata.

Tak pelak, destinasi wisata ini memang sangat cocok untuk mereka yang gemar berburu foto karena banyaknya spot cantik yang instagramable.  Apalagi jika hari telah menjelang senja, terkadang kita dapat menyaksikan sunset yang sangat indah.

Kehadiran pelangi pada hari yang cerah ketika hujan, membuat suasana Taman Tebing Koja terlihat sangat romantis sekali. Seperti apa keindahannya? Ayo video berikut ini

YouTube player

What to Do?

Ada banyak aktifitas wisata yang bisa kita lakukan, antara lain:

  • Trekking atau gowes menyusuri kawasan sekitar tebing
  • Hunting foto atau selfie pada spot-spot instagramable
  • Naik perahu dayung
  • Memancing ikan atau
  • Santai sambil menikmati keindahan alam sekitar

Fasilitas Umum

tebing gozilla
sumber: asrinesia.com

Sebagai obyek wisata yang baru berkembang, sayangnya fasilitas obyek wisata Tebing Koja memang terbilang masih minim. Di sini belum ada penginapan ataupun restoran. Tapi ada beberapa warung kopi yang menjajakan jajanan, minuman dan makanan ringan.

Bagi pengunjung yang membawa mobil atau sepeda motor, tersedia tempat parkir dengan harga yang cukup murah. Untuk urusan toilet, anda bisa menumpang ke rumah warga atau warung tempat anda membeli makanan/minuman.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Tebing Koja sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 (Lima ribu Rupiah) saja per orang. Harga tiket biasanya naik pada saat high season seperti hari raya lebaran, natal dan tahun baru.

Lokasi Tebing Koja

lokasi-tebing-koja

Sesuai namanya, lokasi Tebing Koja memang berada di kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Rute ke Tebing Koja

Seperti nampak pada Google Map, lokasi Tebing Koja sebenarnya cukup dekat dari Kota Maja, yaitu sekitar 4,5 kilometer saja. Jadi bagi warga Permata Mutiara Maja, anda bisa menuju ke sana baik dengan mobil, sepeda motor atau bahkan sepeda gowes.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, cara termudah dan termurah untuk menuju ke Tebing Koja adalah dengan menumpang KRL Commuter Line.

Baca: Jadwal KRL Tanahabang – Maja

Dari Stasiun Tanahabang naik KRL jurusan Rangkasbitung, lalu turun di Stasiun Tigaraksa. Dari sana ada bisa menuju ke lokasi Tebing Koja dengan menumpang angkot jurusan Cisoka, turun di pertigaan Jalan Pala desa Solear lalu naik ojek ke lokasi.

Lihat: Jadwal KRL Maja – Tanahabang

Tips Untuk Pengunjung

  • Jagalah kebersihan, buanglah sampah pada tempatnya
  • Hargai norma budaya warga sekitar, jangan gunakan busana yang terlalu sexy
  • Berhati-hati selama berada di lokasi karena kondisi alamnya yang cukup extrim
  • Bawa uang dan perbekalan secukupnya.
  • Jaga diri baik-baik dan tetap waspada terhadap oknum yang tidak bertanggungjawab

Itulah sekilas info tentang obyek wisata Tebing Koja, jika anda menyukai artikel ini silahkan bagikan dengan menyalin tautan ini bit.ly/tamantebingkoja