Ranggawulung Cokel Curugbitung Lebak Banten

Ranggawulung adalah salah satu obyek wisata alam seluas 14 hektar yang lokasinya cukup dekat dari Permata Mutiara Maja. Destinasi wisata ini tepatnya berada di Kampung Cokel, Desa Pasir Nangka, Kec. Curugbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

YouTube player

Menurut warga setempat, obyek wisata Ranggawulung sebetulnya telah beroperasi sejak tahun 2017. Namun baru pada tanggal 11 Desember 2021 lalu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meresmikan obyek wisata alam ini.

Pesona Keindahan Ranggawulung

Sebagai destinasi wisata yang baru berkembang, Rangga Wulung memang belum setenar destinasi wisata lainnya di Lebak, seperti Kampung Baduy atau Pantai Sawarna.  Namun obyek wisata alam yang tak jauh dari kota Maja ini memiliki pemandangan yang cukup indah.

Apa saja pesona keindahan obyek wisata alam Rangga Wulung? Begini penjelasannya

Pemandangan Alam Ranggawulung

Salah satu daya tarik utama dari obyek wisata ini adalah adanya telaga dan atau danau kecil yang berada di tengah rimbunnya pepohonan. Di telaga inilah pengunjung dapat naik perahu sampan atau perahu angsa sambil menikmati pemandangan sekitarnya.

wisata perahu ranggawulung
Wahana Perahu Ranggawulung – Sumber: poskota.com

Di sebelah telaga terdapat kolam pemancingan yang luasnya hampir sama dengan telaga cantik itu. Berbagai jenis ikan air tawar berukuran sedang sampai besar tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang hobby  mancing.

Berbeda dengan Situ Cicinta, obyek wisata ini telah dikelola dengan baik oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. Pengelolaan obyek wisata baru ini juga  mendapat dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lebak, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Udara Sejuk Segar

Banyaknya pepohonan rindang di sekeliling obyek wisata ini, serta udaranya terasa sejuk dan segar sehingga membuat para pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktunya.

perahu angsa ranggawulung

Selain itu di sini juga banyak juga spot menarik dan instagramable untuk berfoto selfy. Tak heran jika obyek wisata alam ini selalu ramai setiap akhir pekan atau pada hari libur panjang.

Fasilitas Lengkap

Ranggawulung juga telah memiliki berbagai fasilitas yang relatif cukup lengkap, seperti:

  • Telaga
  • Tempat Pemancingan
  • Perahu Sampan
  • Wahana Perahu Bebek
  • Camping Ground
  • Kolam Renang
  • Saung atau Gazebo
  • Warung
  • WC Umum
  • Tempat Parkir

Harga Tiket Masuk Murah

Berapa harga tiket masuk ke Ranggawulung? Soal harga tiket masuk ke destinasi wisata ini juga terbilang sangat murah. Untuk orang dewasa tiket masuknya hanya Rp. 10.000 (Sepuluh ribu Rupiah), sedangkan untuk anak-anak hanya Rp. 5.000 (Lima ribu Rupiah) saja. Murah banget kan?

Cara Menuju ke Rangga Wulung

Bagaimana cara menuju ke Rangga Wulung? Dari Permata Mutiara Maja, bapak/ibu bisa naik sepeda motor atau mobil mengikuti Jalan Raya Maja ke arah Kampung Cokel, Desa Pasirnangka, Kec. Curugbitung. Ikuti saja rute jalan sesuai Google Map berikut ini, tapi jangan malu bertanya ya kalau bingung.

Nah, itulah sekilas info tentang destinasi wisata Ranggawulung Cokel Pasirnangka, Curugbitung, Lebak. Bagikan artikel ini dengan menyalin link singkat ini bit.ly/ranggawulung