Rencana Pembangunan Kota Maja Tahun 2022

Rencana Pembangunan Kota Maja kini semakin mendekati kenyataan. Demikianlah informasi dari seorang rekan yang bekerja sebagai staf di Pemda Provinsi Banten. Kabar baik itu memang valid karena bersumber dari pihak yang memang berkompeten.

Master_Plan_Permata_Mutiara_Maja

Peraturan Presiden No 85 Tahun 2021

Mengutip berita dari CNBC Indonesia, Presiden Jokowi bahkan telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 85 Tahun 2021 tentang Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022.

Salah satu sektor prioritas nasional pemerintah pada 2022, yakni membangun wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan. Membangun kota baru, adalah salah satu upaya pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca: Transit Oriented Development

Anggaran Pembangunan Kota Baru

Pemerintah akan membangun kota baru di Maja, Provinsi Banten, Tanjung Selor di Kalimantan Utara, Sofifi di Maluku Utara, dan Sorong di Papua Barat. Dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 1 triliun, atau tepatnya sebesar Rp 1.028.251.400.000.

“Pembangunan kota baru: Maja, Tanjung Selor, Sofifi, dan Sorong Rp 1.028.251,4 (dalam juta).” Seperti tercantum  dalam Lampiran III Salinan Perpres 85/2021, Senin (27/9/2021).

Baca: Peraturan Menteri PUPR RI Nomor 35 Tahun 2021

Untuk pembangunan kota baru Maja, pemerintah akan mengucurkan dana sebesar Rp 380,1 juta. Sedangkan anggaran pembangunan kota baru Tanjung Selor Kalimantan Utara, adalah sebesar Rp 99,5 miliar.

Baca juga: Perumahan TOD di Tangerang

Pelaksanaan Pembangunan Kota Maja

Mengutip berita SindoNews.com, Pemprov Banten telah mengajukan pelaksanaan program Pengembangan Kota Baru Maja kepada pemerintah pusat pada tahun 2022. Hal ini merupakan upaya pemulihan ekonomi dalam rencana kerjanya tahun 2022.

“Pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19 menjadi fokus Pemprov Banten, sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo” kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

Rencana Kerja Pemerintah 2022

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat rapat virtual Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022, mengatakan bahwa pada sektor ekonomi, pengembangan kawasan Kota Mandiri Maja adalah salah satu yang kami yakini akan menumbuhkan perekonomian.”

Kantor Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menggelar rapat virtual Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022, pada hari Rabu (24/2/2021).

Andika berada satu klaster dengan kepala daerah dari Pemprov di Jawa-Bali dalam rapat yang dipimpin Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa itu.

Mereka yang juga hadir secara virtual itu antara lain adalah:

  • Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat)
  • Ahmad Riza Patria (Wakil Gubernur DKI Jakarta)
  • Emil Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur )
  • KGPAA Paku Alam X (Wakil Gubernur DI Yogyakarta)  dan
  • Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Wakil Gubernur Bali).

Kesimpulan

Pelaksanaan rencana pembangunan Kota Maja sudah semakin dekat, seiring dengan pengembangan perumahan PMM dan Citra Maja yang semakin ramai. Oleh sebab itu segera beli rumah di PMM selagi harganya masih relatif murah.  Dengan membeli rumah di PMM maka selain anda memiliki rumah sendiri, anda juga telah berinvestasi secara cerdas.