Maja Kota Baru Publik Terpadu

Kota Maja sebagaimana tertuang dalam RPJMN tahun 2015-2019,  merupakan salah satu dari sepuluh kota baru publik di Indonesia.  Sebagai kawasan penyangga kota metropolitan, pemerintah bersama para pengembang, termasuk Permata Mutiara Maja akan menjadikan Maja sebagai kota mandiri dan terpadu dengan sistem transportasi publik. (Baca: konsep Transit Oriented Development atau disingkat TOD).

Master_Plan_Permata_Mutiara_Maja

Kawasan Kota Baru Maja

Kedudukan Kota Baru Maja dalam konteks wilayah yang lebih luas memang sangat strategis. Hal itu karena kota ini  terletak antara dua provinsi yaitu Provinsi Banten dan Jawa Barat. Di wilayah Provinsi Banten meliputi dua kabupaten yaitu Kabupaten Lebak dan Kabupaten Tangerang. Sedangkan di Provinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Bogor. Pada delineasi rencana Pengembangan Kota Baru Maja ini termasuk dalam kawasan Parung Panjang.

Rencana Pengembangan Kota Maja

Proses Bisnis Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kota Maja
Proses Bisnis Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kota Maja | Sumber: PU-Net

Sejalan dengan kebijakan pembangunan kota baru publik yang mandiri dan terpadu, sebagaimana tertuang dalam RPJMN 2015- 2019. Maka pada tahun anggaran 2016 Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah melalui Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan menyusun Rencana Pengembangan (Development Plan) Kota Baru Maja, sebagai pengendali urbanisasi di kota atau kawasan perkotaan/metropolitan Jakarta dan sekitarnya.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Rencana Pengembangan Kota Maja, silahkan download buku deluxe digital dengan mengklik tautan di bawah artikel ini. Konten buku delux terdiri dari pendahuluan meliputi:

  • Latar belakang studi
  • konstelasi regional Kota Maja
  • Profil Kota dan kawasan sekitarnya
  • Isu-isu strategis, profil infrastruktur, meliputi gap dan kondisi infrastruktur.
  • Analisa pengembangan kawasan dari aspek ekonomi
  • Arah pengembangan wilayah,
  • Sinkronisasi program, daya dukung & daya tampung.
  • Kependudukan & intensitas ruang, kebutuhan pengembangan infrastruktur
  • Sumber pembiayaan & kelayakan ekonomi
  • Konsep pengembangan kawasan
  • Rencana dan program kawasan Kota Baru, kawasan prioritas, dan program prioritas

Pengembangan Kota Publik

Proses Pemograman Kota Baru Maja

Muatan dalam laporan ini terdiri dari pendahuluan, pendekatan dan metodologi, kebijakan dan pengembangan Kota Baru Maja, gambaran umum kewilayahan dan hasil survei Kota Baru Maja, analisa pengembangan kawasan Kota Baru Maja, konsep pengembangan Kota Baru Publik, rencana dan program kawasan Kota Baru, strategi dan keterpaduan kawasan Kota Baru Maja, studi kelayakan & pra desain kawasan prioritas.

Simak: Ketentuan DP 0 Persen dan Bebas PPN

Penyusunan Strategi Implementasi Keterpaduan Infrastruktur

Dalam RPJMN 2015-2019 merumuskan kebijakan berupa pembangunan kota baru publik yang mandiri dan terpadu.  Mengarahkan sebagai pengendali (buffer) urbanisasi di kota atau kawasan kota metropolitan, sebagai alteratif penanganan isu strategis tersebut.

Simak juga: FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2020

Sebagai tindak lanjut kegiatan tersebut, pada tahun anggaran 2019 BPIW  melalui Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan, melakukan kegiatan Penyusunan Strategi Implementasi Keterpaduan Infrastruktur PUPR dan Non PUPR Kota Baru Maja. Hal itu untuk mempertajam program-program infrastruktur PUPR dan menterpadukannya dengan program-program non PUPR.  Menyusun rencana aksi dan strategi percepatan pengembangan kota baru, didukung review kajian pengembangan Kota Baru Maja.

Sumber: perkotaan.bpiw.pu.go.id

Sales 3
Sales 2
Sales 1