tangga exit stasiun maja

Stasiun Maja

Stasiun Maja merupakan salah satu sarana transportasi publik di Kota Maja yang jaraknya hanya sekitar 800 meter dari kantor marketing perumahan Permata Mutiara Maja. Lokasi stasiun Maja terbilang cukup tinggi karena berada pada ketinggian sekitar 40 meter dpl.

stasiun maja tampak depan

Data Stasiun Maja

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari PT. KAI, data Stasiun Maja baru adalah sebagai berikut:

NoUraianKeterangan
1 Luas Gedung  570 m 2
2 Panjang Gdg  19 m
3 Lebar Gdg  30 m
4 Luas Peron  2.400 m 2
5Panjang Peron200 m
6 Tinggi Peron 1 meter
7Jumlah Lantai2 lantai
8Kapasitas1.113 orang
9 PosisiKm 62+548
10 Dibangun 2014
11 Ketinggian 40 mdpl

Berdasarkan klasifikasinya, Stasiun ini tergolong dalam stasiun kelas II. Namun, meskipun berada di luar wilayah DKI Jakarta, stasiun ini termasuk ke dalam Daerah Operasional Jakarta.

Fasilitas Stasiun

suasana di dalam stasiun maja

Sejak bangunan baru stasiun selesai, maka fasilitas stasiun ini pun menjadi semakin lengkap. Hal ini tentu saja membuat para pengguna layanan commuter line semakin nyaman, dan aman tentunya. Beberapa fasilitas baru yang terdapat di lantai 2 Stasiun Maja antara lain adalah:

  1. Tempat Parkir
  2. Loket karcis
  3. Lift
  4. Toilet
  5. Mushola
  6. Ruang Kesehatan
  7. Ruang Menyusui

Sayangnya meskipun telah tersedia ruangan yang cukup luas di dalam gedung Stasiun Maja, tapi sampai sekarang belum tersedia Mini Market ataupun Kantin. Padahal keberadaan mini market sangat penting bagi kenyamanan para penumpang yang sedang berada di dalam stasiun.

Riwayat Stasiun Maja

stasiun maja tempo dulu
Stasiun Maja tempo dulu | Sumber: heritage.kai.id

Tahun 2012

tangga exit stasiun maja

Pada mulanya stasiun ini hanya memiliki 2 jalur lurus. Namun sejak uji coba jalur ganda dan perpanjangan jaringan jalur KRL Mei 2012, maka jalur 2 lama stasiun ini menjadi sepur lurus arah Tanah Abang, sedangkan jalur 1 menjadi jalur lurus.

Tahun 2013

Sejak tanggal 17 April 2013, stasiun baru Maja sudah memiliki jalur ganda, dan mulai melayani KRL Commuter Line tujuan Stasiun Tanah Abang. Saat ini terdapat beberapa layanan KRL Commuter Line yang berhenti di stasiun ini, yaitu rute Tanah Abang–Rangkasbitung.

Lihat: Jadwal KRL Tanahabang-Maja

Tahun 2014

Pada tahun 2014, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub mulai membangun stasiun baru Maja. Bangunan baru stasiun ini bergaya modern minimalis, serupa dengan Stasiun Palmerah, Kebayoran, dan Parungpanjang.

Tahun 2016

Pada tanggal 11 Mei 2016, bangunan baru stasiun ini selesai menggantikan bangunan lama di sebelah barat lautnya. Selain itu, jalur kereta apinya bertambah menjadi 3 dengan jalur 3 merupakan jalur sepur baru. Sebelum KCJ memperpanjang rutenya ke Rangkasbitung, stasiun ini hanya melayani persilangan dan persusulan antar kereta api selama beberapa waktu.

Tahun 2017

Dalam rangka meningkatkan pelayanan commuter line wilayah Kabupaten Lebak, PT KAI Commuter Jabodetabek kemudian melakukan perpanjangan rute KRL Commuter Line ke Stasiun Rangkasbitung. KRL tersebut mulai beroperasi pada tanggal 1 April 2017. Dengan kwalitas layanan dan fasilitas yang lebih baik dari KRD, maka tidaklah mengherankan jika Commuter Line kini lebih menarik minat masyarakat.

Referensi:

Bagikan informasi ini dengan mengcopas tautan bit.ly/stasiunmaja